Jumat, 28 Mei 2010

Tarian Korea

Tarian Korea (한국 무용; Hanguk Muyong) adalah bentuk seni tari yang berasal dari kebudayaan masyarakat Korea. Tarian tradisional Korea dibedakan menjadi 2 buah kategori, yakni tarian istana dan tarian rakyat.
Tarian istana (궁중무용; Gungjung Muyong) dinamakan juga Jeongjae (呈才) yang bermakna pertunjukkan bakat. Jeongjae adalah jenis tarian yang dipentaskan di istana pada zaman dahulu pada saat diselenggarakannya pesta atau festival di istana. Jeongjae berciri khas gerakan-gerakan yang amat lembut dan lemah gemulai serta diiringi musik istana.
Tarian rakyat (민속무용; Minsok muyong) adalah tarian yang dipentaskan oleh rakyat memiliki bentuk yang lebih bervariasi dan dinamis. Tarian rakyat umumnya diiringi musik yang lebih cepat dan dinamis.

Hansam Chum 'tari sapu tangan' merupakan salah satu tarian istana. tarian ini menggunakan properti sapu tangan panjang untuk menutupi tangan. tarian ini memiliki tempo yang lambat dan di gerakkan dengan lemah gemulai. 
inilah para penari hansam chum yang bernama Narae Thim. Saya juga termasuk didalamnya, kami adalah kumpulan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada prodi Bahasa Korea.

ini merupakan hansam chum kontemporer, karena ditambah dua tangkai bunga sebagai properti tambahan.



Sedangkan buchae chum 'tari kipas' merupakan salah satu contoh tarian rakyat Korea. Tarian ini menggunakan dua buah kipas besar sebagai propertinya. Tarian ini  lebih kenal oleh masyarakat korea, karena merupakan tarian rakyat yang banyak dipertunjukan.


1 komentar:

  1. gomawo infonya membantu ^^
    tapi foto kurang banyak nih

    BalasHapus